Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai laporan formal dan semi formal,beikut penjelasan yang dapat disampaikan :
A. Laporan
Formal
Laporan
formal terdiri dari:
1. Bagian Pendahuluan
Bagian
pendahuluan terdiri dari:
a. Halaman
judul: judul, maksud dan tujuan penulisan identitas penulis, instansi asal, kota
penyusunan, tahun.
b. Halaman
pengesahan (jika perlu)
c. Halaman
motto/ semboyan (jika perlu)
d. Halaman
persembahan (jika perlu)
e. Kata
pengantar
f. Daftar
isi
g. Daftar
tabel (jika ada)
h. Daftar
gambar (jika ada)
i. Daftar
grafik (jika ada)
j. Abstrak
(berisi uraian singkat mengenai isi laporan)
2. Bagian Isi
Uraian
singkat tentang bagian ini:
a. Bab I:
Pendahuluan
1) Latar
belakang
2)
Identifikasi masalah
3)
Pembatasan masalah/ ruang lingkup penelitian
4) Rumusan
masalah
5) Tujuan
dan manfaat
b. Bab II:
Kajian pustaka
c. Bab
III: Metode penelitian
d. Bab IV:
Pembahasan
e. Bab V:
Penutup
3. Bagian Penutup
a. Daftar
pustaka
b. Daftar
lampiran
c. Indeks
atau daftar istilah
Contoh
laporan formal :
LAPORAN RAPAT KERJA TIM PENILAI
BUKU TEKS PELAJARAN SD, SMP, DAN SMA/SMK
YANG DISELENGGARAKAN OLEH BSNP
A. Pendahuluan
Alhamdulillah SMP Islam Al Azhar 1 mendapat kepercayaan dari Badan Standar
Nasional Pendidikan untuk mengirimkan 3 guru dalam menentukan Buku Teks
Pelajaran yang layak digunakan oleh sekolah mulai dari SD sampai SMA/SMK.
Setelah kami mengirimkan curriculum vitay, alhamdulillah kami memenuhi kriteria
sebagai tim penilai buku teks pelajaran.
Adapun yang ditetapkan sebagai penilai buku teks
pelajaran adalah Rujiman, S.Pd. (guru Bahasa Indonesia), Farikhah Afidah, S.Pd.
(guru IPA), dan Sunarmi, S.Pd. (guru IPS). Kami bertiga mendapat kepercayaan
untuk mengikuti Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran SD, SMP, dan SMA/SMK
yang dilaksanakan di Hotel Safari Garden Bogor yang dilaksanakan pada tanggal 4
s.d. 9 Juni 2008.
B. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini diberi nama
Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran SD, SMP, dan SMA/SMK.
C. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan kegiatan ini adalah :
1. Menilai buku teks pelajaran yang diajukan oleh
penerbit untuk ditentukan kelayakannya.
2. Menentukan jenis buku teks pelajaran yang memenuhi
standar mutu pendidikan
D. WAKTU
DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan
sesuai dengan rencana yaitu tanggal 4-9 Juni 2008 di
Hotel Safari Garden Bogor. Akan tetapi, karena berkat kerja keras dan profesionalisme kinerja para guru, kegiatan
itu berhasil diselesaikan dalam waktu 4 hari.
E.
PESERTA KEGIATAN
Peserta kegiatan terdiri atas: 200 orang guru
terdiri atas guru Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, PKn, Bahasa Inggris
dari jenjang SD sampai SMA/SMK. Adapun guru – guru yang diundang berasal dari
sekolah-sekolah yang ada di propinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
F.
PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran dibuka jam 13.00 WIB
dan dihadiri oleh 250 orang guru yang terdiri atas guru Bahasa Indonesia, IPA,
IPS, Matematika, dan PKn. Selain itu hadir para dosen dan profesor yang ahli di
bidangnya masing-masing sebagai supervisor. Acara dibuka oleh Kepala BSNP
menilai buku teks. Setiap bidang studi perjenjang diarahkan oleh 2 supervisor.
Setelah acara dibuka dilanjutkan pembekalan atau penyajian materi tentang
teknik menilai buku teks dilanjutkan dengan pelatihan.
Pelatihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga penilai yang mampu
memahami kriteria teknis yang terdapat dalam instrumen penilaian dan agar
penilai memiliki kemampuan menilai berdasarkan instrumen penilaian yang disusun
oleh BSNP. Melalui pelatihan ini diharapkan penilai dapat memiliki pemahaman
yang sama terhadap butir-butir instrumen penilaian buku teks pelajaran.
Kegiatan penilaian buku teks pelajaran dilakukan secara bertahap dengan
jadwal yang sangat ketat. Tahap I jam 08.00 – 12.00 WIB, tahap II jam 14.00 –
17.00, dan tahap III jam 19.00 – 24.00 WIB. Setiap guru dikelompokkan
berdasarkan mata pelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing.
Setiap mata pelajaran rata-rata ada 400 buku dan 40 penilai yang terdiri atas
dosen, ahli materi, guru, dan ahli grafika.
Apabila dalam penilaian terdapat perbedaan nilai lebih dari 2 maka
dilakukan moderasi, yaitu kedua penilai guru dipertemukan untuk
mempertanggungjawabkan hasil penilaiannya dan menentukan kesepakatan untuk
nilai buku tersebut. Adapun butir-butir penilaiannya pun sangat kompleks
sehingga kami dituntut ketelitian, kejelian, penalaran, dan berbagai kriteria
yang menuntut kerja keras.
G. HASIL
KEGIATAN
Adapun hasil kegiatan Rapat Kerja Penilai Buku Teks adalah sebagai berikut:
1. Kami bertiga berhasil menyelesaikan penilaian buku
sebanyak 44 buku dengan rincian: Bahasa Indonesia SD kelas I-VI sebanyak 12
buku, IPA SD kelas I – VI sebanyak 14 buku, dan IPS SD kelas I – VI sebanyak 18
buku.
2. Memperoleh pengalaman yang berharga menjadi penilai
buku sehingga dapat memperkaya pengetahuan untuk menjadi penulis buku.
3. Melakukan sharing penilaian buku berbagai jenjang pendidikan
sehingga dapat menentukan sistematika penyajian materi pembelajaran mulai SD sampai SMA.
4. Dapat menularkan pengetahuan dan pengalaman kepada
guru-guru dalam kegiatan MGMP sehingga dapat membantu menentukan kelayakan buku
yang akan digunakan secara seragam di SMP Islam Al Azhar.
5. Mempromosikan Al Azhar sebagai lembaga pendidikan yang
dapat dibanggakan.
H.
ANGGARAN BIAYA
Adapun anggaran biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut adalah biaya
transportasi perjalanan sebesar Rp 500.000,00 dengan rincian biaya penggantian
bensin, tol, dan tip sopir antar jemput. Hal ini dilakukan karena tidak ada
kendaraan YPI yang bisa digunakan untuk mengantar dan menjemput kami.
I. PENUTUP
Demikian laporan pertanggungjawaban kegiatan ini kami sampaikan. Panitia mengucapkan terima kasih yang tak
terhingga kepada Pimpinan SMP Islam Al Azhar 1 dan YPI Al Azhar yang telah
memberikan kepercayaan dan dukungan sehingga kegiatan ini terlaksana dengan
baik.
Jakarta, 21
Juni 2008
Delegasi III,
|
Delegasi
II,
|
Delegasi I,
|
Rujiman,
S.Pd.
|
Sunarmi,
S.Pd.
|
Farikhah
Afidah, S.Pd.
|
Mengetahui
Kepala SMP
Islam Al-Azhar 1,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar